Atasi Permasalahan Sampah di Jalan Cendana 

Respon  Laporan Warga,  Camat  Marpoyan Damai Turun ke Lapangan

Camat Marpoyan Damai saat melakukan kunjungan ke Jalan Cendana untuk mencari solusi sampah yamg berserakan di pinggir jalan.

PEKANBARU- (KIBLATRIAU. COM) -- Saat ini,  warga Jalan Cendana RT 3/RW 6, Kelurahan Sidomulyo Timur , Kecamatan Marpoyan Damai resah. 

Hal ini disebabkan adanya tumpukan sampah yang menumpuk dan berserakan di pinggir jalan. Sehingga lingkungan yang tadinya asri kini tidak ubahnya seperti tempat pembuangan akhir sampah. 


Hal ini bermula dari  warga yang kurang nya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Selain itu,  tumpukan sampah tersebut menimbulkan aroma bau tak sedap. 

Ketua RW 6 Sidomulyo Timur Khatman menyebutkan, bahwa sampah yang berserakan itu sangat mengangu kebersihan lingkungan sekitarnya.  

Karena sudah hampir empat bulan warga Perumahan Beringin Cendana dipaksa mencium bau menyengat dari tumpukan sampah di tepi jalan lahan kosong ini . 

Hal itu, kata dia, meresahkan warga perumahan . Warga tidak bisa lagi menghirup udara segar karena tumpukan sampah yang sudah menggunung tidak diangkut ke tempat semestinya. Oleh sebab itu pihak terkait yang dalam hal ini DLHK bisa bersama -sama untuk mencari solusinya. 

Ditambahkan Khatman,  bahwa Perumahan Beringin Jalan Cendana ini meliputi wilayah RT 
1, 3, 4 dan 9., 

"Jadi kita minta kepada masyarakat jangan buang lagi sampah.  Terlebih lagi,   di Jalan Cendana ini merupakan jalan alternatif sejak dilakukan jembatan fly over pasar pagi arengka. Makanya kita imbau masyarakat jangan membuang  sampah lagi, " harap Khatman. 

Sementara itu merespon adanya laporan warga itu ,  Camat Marpoyan Damai Fiora Helmi Senin  (16/7/2) yang turun ke lokasi tumpukan sampah mengatakan,  selama ini pihaknya sudah berupaya baik itu kooordinasikan dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang memiliki tupoksi akan hal ini. 

"Namun kita sangat menyayangkan sejak tiga bulan yang lalu sesuai laporan dari warga sampah belum juga diangkut. Kita selalu berkoordinasi dengan pihak DLHK selaku pengeksekusi namun belum juga direalisasikan hingga saat ini, " sebut Fiora.

Untuk solusi menyelesaikan permasalahn itu,  Fiora melakukan rembuk bersama RW,  RT dan pemuka masyarakat di Jalan Cendana untuk gotong royong sambil membersihkan parit tempat tumpukan sampah yang akan dilaksanakan pada Selasa (17/7/2018) besok di bantu tim Dinas Pekerjaan (PU) Sumber Daya Air (SDA) Kota Pekanbaru. 

"Ya kita tadi sudah sepakat dan berkoordinasi agar sampah akan diangkut dibantu oleh pihak SDA.  Setelah itu kita juga buatkan portal,  sehingga! masyarakat tidak membuang sampah lagi di Jalan Cendana tersebut, " harap Fiora..(Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar